otak-otak khas gresik buat anda yang gemar akan ikan bandeng

Di samping terkenal dengan kota industri, kota Gresik Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu kota penghasil ikan bandeng terbesar di jawa timur. Tak heran, jika Gresik juga di kenal dengan berbagai jenis masakan dengan bahan dasar ikan bandeng. Seperti Bandeng Asap, Bandeng Kukus, Sop Bandeng dan Otak-Otak Bandeng.

Ikan bandeng, merupakan ikan air payau yang memiliki rasa gurih yang tinggi. Rasa khas bandeng ini terasa lebih dominan meski bercampur dengan berbagai rasa bumbu yang menyertainya. Citra rasa inilah yang menjadi ciri khas masakan legendaris Otak-Otak Bandeng khas Gresik.

Cara membuat Otak-Otak Bandeng tidaklah sulit. Bandeng mentah dikeluarkan daging, tulang dan durinya. Lalu dicampur bumbu, mirip dengan bumbu lodeh yang pedas. Kemudian daging dimasukkan ke dalam tubuh bandeng yang kosong tadi dengan dibentuk kembali seperti bandeng mentah semula. Selanjutnya, bandeng isi ini dicepit dua bilah bambu, kemudian dibungkus dalam daun pisang, lalu di bakar.

Pada tahap ini, membakar bandeng otak-otak, membutuhkan keterampilan tersendiri. Pasalnya, jika terlalu matang atau masih mentah, akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa Otak-Otak Bandeng yang sebenarnya.

Salah satu Otak-Otak Bandeng paling terkenal di Gresik adalah Otak-Otak Bandeng ibu muzanah, warga kelurahan kroman kecamatan kota Gresik, yang saat ini telah dilanjutkan oleh puteranya, Rasyid. “Alhamdulillah, kami dapat berkah bulan Ramadhan dan Idul Fitri, penjualan Otak-Otak banding khususnya meningkat luar biasa sampai kualahan”, ujarnya.

Kini, rasyid telah mempekerjakan 10 orang karyawan. Setiap hari, rasyid mampu memrroduksi ikan bandeng otak-otak lebih dari 400 ekor, yang meningkat dari hari-hari sebelumnya yang hanya 200 ekor bandeng setiap harinya.

Satu ekor ikan bandeng otak-otak, dijual seharga 40 Ribu Rupiah. Sementara, harga ikan bandeng mentah saat ini, mencapai 15 Ribu Rupiah perkilonya, dengan isi 2 ekor ikan bandeng.

Saat arus mudik dan balik seperti saat ini, mendatangkan berkah bagi para pengusaha Otak-Otak Bandeng, di sentra perajin, di jalan sindujoyo, kelurahan kroman, kecamatan kota Gresik. Otak-Otak Bandeng menjadi pilihan warga saat mudik, karena rasanya khas yakni pedas dan manis.

Otak-Otak Bandeng khas Gresik bukanlah otak-otak seperti yang di kenal di jakarta atau palembang. Otak-Otak Bandeng Gresik, lebih mirip sate bandeng serang banten dengan rasanya yang khas, yakni asem pedas. Apalagi, hidangan tradisional berasa pedas dan manis ini, banyak disuka warga, karena seluruh duri ikan telah dibersihkan, sehingga tidak perlu khawatir tertusuk duri, saat mengkonsumsinya.

Jika anda sedang melintas di kota Gresik, tak ada salahnya mampir sejenak membeli Otak-Otak Bandeng sebagai oleh-oleh mudik lebaran dari Gresik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar